Selasa, 21 Mei 2019

Karya 6 ( Artikel Ulasan Video) Media Inovasi Penggugah Semangat Belajar Anak


Karya 6 ( Artikel Ulasan Video)

Media Inovasi Penggugah Semangat Belajar Anak

Oleh
Eva Dewi Sulvijayanti, S.Si
Guru IPA SMPN 2 Pasirian



Guru zaman now istilah kerennya guru millenial mengajar kids zaman now yang akrab dengan media komunikasi dan gadget dituntut untuk selalu update dan dilarang kudet. Pengertian millenial bisa dibaca di sini. Metode ceramah dalam pembelajaran saat ini kurang sesuai jika diterapkan pada siswa zaman now. Apalagi saat ini sudah diterapkan kurikulum 2013 (K-13). Dalam K-13 metode pembelajaran yang diterapkan adalah pendekatan saintifik (5M) yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. K-13 diharapkan dapat memaksimalkan peran guru dalam melaksakan pembelajaran abad 21 dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kurikulum 2013 (K-13) dan pembelajaran abad 21 bisa dibaca di sini
K-13 mengharapkan guru senantiasa termotivasi untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran, dengan harapan suasana KBM menyenangkan sehingga hasil belajar siswa juga semakin baik. Jika anak senang maka dia akan dengan mudah menyerap materi pelajaran. Perasaan senang sangat berperan dengan minat belajar siswa bisa dibaca di sini.
Salah satu cara yang bisa dilakukan seorang guru untuk menciptakan suasana KBM yang menyenangkan adalah dengan mengaplikasikan media inovasi. Media adalah alat atau cara sedangkan inovasi adalah sesuatu hal yang baru. Jadi dalam KBM guru akan melakukan pembelajaran yang inovatif artinya pembelajaran yang dilakukan beda dari yang konvensional (kuno). Pembelajaran inovasi bisa dibaca di sini.


Banyak sekali macam – macam media inovasi yang bisa dilakukan dalam KBM. Salah satunya adalah menggunakan alat permainan ular tangga. Ular tangga adalah salah satu permainan yang populer di kalangan anak – anak. Tentunya anak – anak mengerti cara permainannya, tinggal guru mengembangkan untuk konsep pembelajaran  sedemikian rupa sehingga anak – anak merasa senang belajar mandiri dan membantu menghafal materi sehingga dharapkan prestasi belajar anak meningkat.  Di bawah ini terdapat video media inovasi yang bisa dijadikan referensi guru ketika mengajar siswa.






 Tempeh, 22 Mei 2019
Home sweet home
Ma2Radzatha


1 komentar:

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...   Oleh Eva Dewi Sulvijayanti, S.S...