Sabtu, 18 Mei 2019

KARYA 1 ( Kegiatan IN1) Serunya Kegiatan PIT6 TP2G Lumajang



KARYA 1 ( Kegiatan IN1)

Serunya Kegiatan PIT6 TP2G Lumajang

Oleh
Eva Dewi Sulvijayanti, S.Si

Guru IPA SMPN 2 Pasirian


Hari ini Sabtu 18 Mei 2019 dilaksanakan Pelatihan IT Gelombang 6 (PIT 6) yang diselenggarakan oleh Tim Pengembangan Profesi Guru (TP2G) PGRI Kabupaten Lumajang yang bertempat di SMK PGRI Lumajang. Adapun tujuan PIT6 TP2G ini adalah : TP2G berbagi ilmu dalam Ramadhan berkah dan membekali guru dalam pembelajaran berbasis Web dan MPP. 


Pendaftaran peserta melalui online tanggal 12 – 16 Mei 2019 ditutup pukul 16.00 dan pengumumannya pada tanggal 16 Mei 2019. Biaya seikhlasnya dan dimasukkan amplop saat daftar ulang. Teknis pelaksanaanya ada dua tahap yaitu IN berupa tatap muka dan ON mengerjakan tugas di rumah. Pelaksanaan IN1 Sabtu, 18 Mei 2019 (pukul 07.30 sd 14.30), ON1 19 sd 24 Mei 2019, dan IN2 25 Mei 2019 (pukul 07.30 sd 14.30).

PIT6 TP2G dibuka oleh ketua PGRI Lumajang bapak Winadi, M.Pd. Beliau berpesan bahwa dengan perkembangan jaman guru harus bisa mengimbanginya dengan mengembangkan kualitas pengetahuannya terutama dibidang IT supaya tidak ketinggalan dengan siswanya. Guru juga harus mengajar dengan hati. Selain itu beliau juga menyampaikan peranan PGRI bagi kesejahteraan guru dan pengembangan diri guru terutama melalui tim TP2G. 






 Pada pelaksanaan IN1 banyak pengetahuan yang saya dapatkan. Materi pertama tentang motivasi pembelajaran berbasis web oleh Bapak Umar Tholib. Beliau adalah seorang blogger sejak tahun 2008 bahkan saat ini dari blog nya beliau mendapatkan income lebih dari satu juta rupiah perbulan. Wow fantastis bagi saya yang tidak mengetahui dan menyangka bahwa blogger bisa mendatangkan penghasilan juga. Blog beliau bernama Kang Martho. Pak Umar dengan gaya nya yang familiar dan menyenangkan memaparkan tentang manfaat ngeblog, senjata blogger dan permasalahan nge-blog. Materi berikutnya tentang web pembelajaran yang dipaparkan oleh Bapak M. Subakri. Beliau adalah owner web Ayo Kita mendidik yang sudah menasional bahkan mendunia. Dari web beliau, kita bisa mendapatkan informasi tentang pembelajaran, RPP, bank soal dan terkait pelatihan pembelajaran. Sungguh saya berdecak kagum dibuatnya. Ternyata seorang guru bisa aktif dan bermanfaat untuk banyak kalangan.
Bahkan muridnya di SD sudah pandai dan aktif ngeblog. Pada kesempatan ini pak Bakri menjelaskan tentang e-tematik, blog untuk media pembelajaran dan mempraktekkan cara membuat blog. Materi terakhir pada IN1 adalah membuat web berbayar oleh Bapak Enjang. Sungguh saya tidak menyangka ternyata kita bisa membuat blog lebih keren dengan cara membeli domain. Selanjutnya postes online. 

   Tak terasa waktu sudah menunjukkan sekitar pukul dua lebih lima menitan tapi kami masih antusias ditunjang dengan ruangan komputer yang representatif, wifi yang lancar, suhu ruangan yang sejuk dan para tutor yang wow amazing, supel, familiar, agamis dan humoris.  Kalau tak ingat baby dan keluarga di rumah serasa ingin berbetah ria dan bertanya sampai sejelas-jelasnya. Sungguh perasaan ini menjadi tak sabar menunggu IN2  bertemu dengan para tutor yang juga wow amazing yaitu Bu Roro, Pak Sochif, Pak Hariyanto, Pak Galih, Pak Wahyu, Pak Imron dan Bu Mamik.

Di Di akhir acara tutor menjelaskan tugas ON yang harus dilaksanakan. Setiap hari harus mengirimkan karya di blog dan dilaporkan linknya di grup jadi minimal ada enam karya tentang pembelajaran di grup dan tiga artikel yang akan ditentukan oleh tutor. Langsung pusiiing pala beby mendengar paparan tugas ON. Menulis???? Byuh kepala ini langsung pusing cenut – cenut seperti gambar di bungkus obat saja. Saya membayangkan bagaimana cara harus memulai menulis belum lagi dengan kerecokan si baby dan my  son. Pulang dari kegiatan PIT6, saya buka si netty alias netbook... mulai mengetik apa saja yang ada di benak karena harus setor .. dan tralala.... bukan sulap bukan sihir tenyata bisa juga ya... entah salah atau benar yang penting mencoba dan belajar. Guru milenial dengan murid jaman now memang harus belajar.. belajar.. dan belajar demi anak bangsa penerus cita – cita bangsa. Semangat.. Bravo PIT6 TP2G PGRI..... Kita tunggu kelanjutannya di IN2...

Tempeh, 19 Mei 2019
Home sweet home
Ma2Radzatha


8 komentar:

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...   Oleh Eva Dewi Sulvijayanti, S.S...