Minggu, 19 Mei 2019

Karya 2 (Mengenalkan Kelas) LaKon Lagi Bu ...

Karya 2 (Mengenalkan Kelas)

LaKon Lagi Bu ...

Oleh
Eva Dewi Sulvijayanti, S.Si
Guru IPA SMPN 2 Pasirian

Tahun Pelajaran 2018-2019 adalah tahun pertama mengajar mata pelajaran IPA kelas IX  bagi saya semenjak mengajar di SMPN 2 Pasirian. Mengetahui hal tersebut, saya langsung browsing di internet materi IPA K13 terbaru. Materi IPA k IX terutama semester 1 lebih banyak tentang Fisika. Wow emejing bagi saya seorang jurusan Biologi. Apalagi mengajar kelas IX setidaknya harus menguasai materi mulai dari kelas VII – IX. Saya sadar bahwa hal tersebut adalah tantangan menarik dan harus saya lalui. Mulai memotivasi diri bahwa guru milenial yang mengajar kids jaman now harus siap menerima tantangan.
Hal pertama saya lakukan supaya bisa menguasai materi IPA terutama Fisika adalah melihat tayangan video materi selanjutnya berguru pada guru Fisika, pak Zainul namanya. Dia masih junior tapi saya merasa cocok dan cepat paham materi yang diajari olehnya. Selanjutnya mengenali karakteristik siswa kelas IX yang saya ajar.
Saya mengajar di kelas IXD, G, dan H. Karakteristik siswa untuk materi IPA menurut saya perbandingannya anak yang mudah memahami dan kurang memahami  sekitar 30% : 70%. Lebih banyak anak yang kurang memahami karena berbagai alasan yaitu malas membaca dan tidak suka berhitung alias lemah di matematika. Alhasil semua amunisi yang diperlukan saya persiapkan mulai video pembelajaran yang menarik, materi powerpoint, video lucu untuk reward, video motivasi dan berbagai metode mengajar sampai melawak.
Cara yang berkesan bagi siswa adalah latihan konsentrasi yang saya lakukan pada awal pembelajaran dan akhir pembelajaran. Buktinya setiap masuk kelas, siswa saya sering meminta ayo bu...lakon lagi bu... lakon lagi bu .... Metode mengajar latihan konsentrasi saya singkat LaKon. LaKon ini bermakna juara. Jadi siswa yang bisa melewatinya artinya sang juara. Metode ini saya lakukan terispirasi dari Bu Roro ketika mengisi materi di workshop yang diselenggarakan oleh MGMP IPA. Lakon yang saya lakukan adalah melakukan gerak tepuk meja, melakukan gerak ibu jari dan telunjuk membentuk huruf O sambil mengucapkan kata oke, melakukan gerak tangan kanan di atas tangan kiri yang digerakkan ke samping berulang  sambil mengucapkan kata no no no, dan melakukan gerak tangan kanan dikepal yang digerakkan dari atas ke bawah sambil mengucapkan kata yes.  Selanjutnya saya menginformasikan ke siswa tentang gerak tepuk meja, gerak oke, gerak no no no atau gerak yes yang harus dilakukan ketika saya menyebutkan salah satu kata kunci, jika ada siswa yang tidak konsentrasi atau salah melakukan gerak maka diberi sanksi yaitu menjelaskan materi atau menjawab pertanyaan tentang materi yang sedang dipelajari.
LaKon perdana yang saya lakukan di kelas IX adalah pada materi Listrik. Jika saya mengucapkan listrik maka siswa melakukan gerak tepuk meja,  jika saya mengucapkan proton maka siswa melakukan gerak oke, jika saya mengucapkan neutron maka siswa melakukan gerak yes, dan jika saya mengucapkan elektron maka siswa melakukan gerak no no no. Gerak pada LaKon yang saya tentukan berdasarkan pengertian umum sehingga siswa mudah paham. Gerak tepuk meja  untuk tema materi yang dilakukan yaitu Bab Listrik, gerak oke mengandung makna pengertian proton yang bermuatan listrik positif, gerak yes mengandung makna pengertian neutron yang tidak bermuatan listrik atau netral dan gerak no no no mengandung makna pengertian elektron yang bermuatan listrik negatif. Hasilnya luar biasa, siswa saya yang biasanya malas  belajar menjadi bersemangat dan siswa menjadi belajar jujur mengakui kesalahan salah gerak dengan maju ke depan kelas berani menjelaskan walau dengan wajah pucat pasi dan beberapa anak kelihatan nervous. Pertemuan berikutnya siswa saya juga meminta LaKon. Bahkan kalau di luar kelas anak – anak sering memanggil saya.. Bu Eva... Bu Eva... listrik.... proton... neutron... elektron... sambil melakukan gerak LaKon.
Dengan keberhasilan metode mengajar LaKon di kelas IX,  saya melakukan juga di kelas VIII yang pada topik Biologi yang notabene banyak hapalan dan membuat anak – anak jenuh. Hasilnya juga sama emejing, di pertemuan berikutnya siswa kelas VIII juga meminta LaKon lagi Bu.... Lakon lagi Bu....

 Tempeh, 20 Mei 2019
Home sweet home
Ma2Radzatha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...

Karya 7 (Pesan Dan Kesan Selama ON) On PIT6 TP2G, Bye...Bye... Kudet... Welcome Guru Update...   Oleh Eva Dewi Sulvijayanti, S.S...